-

Monday 21 September 2015

Kebiasaan Aneh Orang Jepang Bagi Warga Negara Lain



Di dunia ini banyak sekali perbedaan-perbedaan budaya antara satu negara dengan negara lainnya. Bagi negara yang memiliki budayanya sendiri pasti tidak merasakan ada yang aneh dengan budayanya tapi bagi negara lain budaya mereka sangat aneh dan sangat berbeda dengan budaya negaranya sendiri dan begitu sebaliknya. Disini saya akan mem-post kebiasaan aneh dari orang jepang yang menurut orang luar itu aneh dimatanya.




1.     Terlalu sering mengucapkan kata “Terima kasih”
Biasanya, misalnya saat orang lain membantu kita melakukan sesuatu atau yang lainnya.. kita cukup bilang “makasih ya”. Tapi berbeda dengan orang Jepang, dia akan membungkuk dan mengucapkan “arigatou gozaimasu” lalu ngomong bla bla bla membungkuk lagi bilang gitu lagi dan saat pengen pisah(pamit pulang) ngomong gitu lagi.. membungkuk lagi.

2.      Mengucapkan salam kepada orang lain
Jika di Indonesia ketika kita ber pas-pasan dengan orang lain yang tentunya tidak kenal itu banyak reaksinya. Ada yang senyum aja, ada yang pura-pura tidak liat, yang parah.. kalau dijalan pas-pasan sama cewe cantik itu ngeliatinnya kepalanya sampai muter-muter gitu. Tapi berbeda dengan orang Jepang, ketika berpas-pasan dengan orang lain dia akan mengucapkan salam semisal “ohayou gozaimasu.” Nah, di Indonesia jarang kan? Paling kalau ada cewe cantik lewat aja disapa “Mau kemana neng?”. Lagi juga kalau di Indonesia mengucapkan salam ke orang lain yang tidak kenal, orang itu pasti dalam pikirannya “Ini orang kenapa sih.. sok kenal banget.”

3.      Berisik ketika makan
Berisik disini artinya makannya berbunyi. Ketika makan berbunyi itu bagi mereka menandakan bahwa dia sedang menikmati makanannya dan rasanya enak. Itu untuk menghargai makanan yang disediakan oleh penjamu. Kalau di Indonesia? Kalau denger gitu pasti bilangnya “Ini orang udah ga makan setahun kali yak.”

4.      Jarang mandi
Budaya jarang mandi ini sebenarnya tergantung orangnya sih. Memang banyak orang Jepang habis bangun tidur hanya cuci muka dan sigat gigi saja terus langsung pergi ke tempat kerja/sekolah. Iyak.. memang agak males juga sih mandi pagi. Apalagi mandi saat hari minggu, sebuah tantangan yang besar :v

5.      Cara duduk
Jika bertamu ke rumah orang Jepang, tamu itu akan diajak duduk dilantai yang dilapisi “tatami” atau tikar . Padahal dirumah itu ada kursi. Duduk orang Jepang itu dengan kedua kaki dilipat kebelakang, tapi untuk kaum laki-laki banyak juga yang duduknya bersila karena tidak kuat. Tidak seperti di Indonesia, misalnya teman sekolah datang aja bisa bisa ada yang tidur-tiduran di sofa lah, kaki dinaikin sebelah lah.. tapi saat orang tua yang punya rumah datang, semua menjadi duduk manis dengan mukanya yang sok polos.


No comments: