-

Saturday 6 August 2016

Belajar bahasa Jepang: Kata tunjuk benda kono, sono, ano dan dono

Hai hai, kali ini sesuai dengan janji, saya akan post tentang perbedaan kata tunjuk benda kore sore are yang sudah saya post sebelumnya dengan kono sono ano. Sebenarnya arti dari kata tersebut sama,
yang berbeda hanya cara penggunaannya saja yaitu kata tunjuk tersebut harus diikuti dengan kata benda tersebut.


  • Kono (この)
Kono artinya ini. Digunakan ketika benda berada didekat si pembicara

(?) Kono hon wa anata no desu ka (apakah buku ini punya kamu?)
(+) Kono hon wa watashi no desu (buku ini punya saya)
(-) Kono hon wa anata no dewa arimasen/ jya arimasen (buku ini bukan punya kamu)
  • Sono (その)
Sono artinya itu. Digunakan ketika benda berada didekat lawan bicara

(+) Sono kaban wa watashi no desu (tas itu punya saya)
(-) Sono kaban wa anata no dewa arimasen/ jya arimasen (tas itu bukan punya kamu)
(?) Sono kaban wa anata no desu ka (apakah tas itu punya kamu?)
  • Ano (あの)
Ano artinya itu. Digunakan ketika benda berada jauh dengan pembicara maupun lawan bicara

(+) Ano jidousha wa watashi no desu (mobil itu punya saya)
(-) Ano jidousha wa anata no dewa arimasen/ jya arimasen (mobil itu bukan punya kamu)
(?) Ano jidousha wa anata no desu ka (apakah mobil itu punya kamu?)

  • Dono (どの)
Sama seperti dore, dono memiliki arti "yang mana". Perbedaannya kalau dono harus diikuti dengan kata benda tersebut.

- Dono hito desu ka (orang yang mana?)

Dilihat dari contoh diatas, kita bisa membedakan kata tunjuk benda kore sore are dore dengan kono sono ano dono. Saya akan mencontohkan dengan kalimat kepunyaan

Contoh

- Kore wa watashi no hon desu (ini buku saya)
- Kono hon wa watashi no desu (buku ini punya saya)

Mudah kan? Selamat belajar dan semoga bermanfaat:D

No comments: